Siapkan Kader Handal, SMK Bani Muslim Pati Gelar Kemah Dianpinsa – Wapinsa

05-12-19 admin 0 comment

smkbanimuslimpati.sch.id, Pati – Gerakan pramuka memiliki tugas pokok menyelenggarakan pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa yang tertuang dalam Peraturan Perundang-undangan yaitu UU RI NO. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka merupakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda, agar mampu menumbuhkan tunas –tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih  baik,bertanggungjawab, mampu membina serta membangun generasi penerus selanjutnya.

Dalam mencapai tujuannya, antara lain dalam upaya menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti yang luhur dengan memantapkan mental, moral dan fisik, pengetahuan, ketrampilan bagi anggota pramuka khususnya pramuka penegak yaitu para pimpinan ( Dewan Ambalan dan Pimpinan Sangga) di wilayah Ambalan Sunan Kalijogo- Nyi Ageng Serang, Gugus Depan 01.181/ 01.182 Pangkalan SMK Bani Muslim Pati.

Kegiatan kemah dianpinsa wapinsa merupakan kegiatan rutinitas setiap tahunnya dengan tujuan khusus adalah untuk mencetak kaderisasi dan recruitmen keanggotaan dari Dewan Ambalan Di pangkalan SMK Bani Muslim Pati ini. Sedangkan secara umum tujuannya untuk membentuk watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila, menciptakan pimpinan yang berkualitas di setiap Gugus Depan serta mendorong para Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka dalam menerapkan sistem Among dan sistem beregu dengan sebaik- baiknya.

Upacara Pembukaan

Kegiatan Kemah dianpinsa wapinsa ini dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 November 2019 jam 13.00 sampai selesai, yang bertempat di halaman SMK Bani Muslim Pati . Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pinsa dan wapinsa setiap regu ( kelas X ) dari seluruh jurusan baik jurusan TKRO, TBSM, MM, PS, FI dan TAV dengan jumlah seluruhnya adalah 76 peserta

Alhasil dari kegiatan kemah Dianpinsa ini didapatkan calon Dewan Ambalan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, pengalaman, sikap tangguh, tanggung jawab dan disiplin tinggi. Harapannya nanti untuk dipelatihan rutin berikutnya yaitu setiap hari sabtu jam 11.00  setiap pinsa dan wapinsa mampu mengkoordinir teman-temannya dan menyampaikan ilmu yang telah didapat selama kemah dianpinsa wapinsa kemaren.



Leave a reply